Resensi Media Online viva.co.id

Pada tahun 1994, baru 4 surat kabar dan majalah yang membuka homepage di internet. Tahun 1995, melonjak menjadi 200 surat kabar harian dan majalah yang membuka online. Di Indonesia, hal yang sama juga terjadi. Tidak sehebat yang terjadi di negara industri yang lebih maju, tetapi derapnya sudah bisa dirasakan. 

Dari segi bisnis, semuanya ini belum memberikan hasil yang memadai, tapi dari segi informasi hampir seluruh dunia menikmati informasi yang diberikan online. Dengan begitu, homepage yang dibuka semua surat kabar atau portal online di dunia sudah memberikan informasi dengan kecepatan yang hampir tidak terbayangkan bahkan beberapa tahun lalu.
Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya”.

Salah satu desain media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs berita.

Cara membaca yang tradisional atau linier biasanya jarang digunakan saat membaca media online, teknologi multimedia merevolusikan cara membaca baru, yaitu the nation of post linearity (Barry Lowe, Journalism in the Age of Multimedia, 1996). Teknologi multimedia memungkinkan arus informasi yang diperoleh dari segala sisi, akses terhadap informasi pada setiap titik ketika membaca suatu informasi.

Dengan teknik hypertext, seseorang bisa membaca sembari meloncat ke video,audio penyerta informasi yang diberikan, dan ke media lain pada saat yang sama. Semua sangat tergantung dari seberapa jauh media online mempersiapkan database yang lengkap yang memungkinkan dipergunakannya teknologi yang disebut sebagai Hypertext Markup Language (HTML).

Situs viva.co.id merupakan salah satu media online yang berfungsi sebagai portal berita. Unsur kecepatan (fast) menjadi sesuatu yang esensial ketika membuka situs ini, hal ini sudah sesuai dengan  kriteria media online harus clean and fast loading, tujuannya agar pengunjung nyaman dan tidak kapok mengunjungi situs kita karena proses loading yang terlalu lama.

Berdasarkan Wikipedia, VIVA.co.id (sebelumnya bernama VIVAnews) adalah portal berita daring yang dikelola oleh PT. Viva Media Baru, anak perusahaan PT Visi Media Asia Tbk yang juga mengelola bisnis penyiaran (antv, tvOne, Sport One). Situs berita ini diluncurkan pada 2008 dengan slogan Indepth and Trusted.

Pergantian domain dari com menjadi co.id mempermudah pengunjung sites dalam mengingat dan mengetik URL ini. Selain itu, mencirikan bahwa portal viva.co.id ini buatan orang Indonesia termasuk para pekerjanya.

Selain memberikan jasa pemberitaan yang dilaporkan oleh wartawan yang bekerja di vivanews, situs ini juga menerima informasi dari pembaca VIVAnews yang berminat melaporkan berita yang mereka anggap penting melalui fitur U-Report. Situs ini juga dibuat untuk dapat diakses melalui telepon seluler, komputer tablet, dan PDA.

Template dengan warna putih polos dominan dan sedikit sentuhan warna merah menjadi ciri khas portal viva.co.id ini. 

Portal viva ini tergabung dalam kelompok media Bakrie bersama dengan  TvOne dan ANTV. Dalam portal ini terdapat beberapa menu utama, yaitu TvOne, ANTV, news, bola, life, blog, forum, jual beli, pemilu, +indeks, dan v-live. 

Situs-situs
VIVA.co.id merupakan portal kepada situs-situs:

VIVAnews (news.viva.co.id), berisi info tentang peristiwa baik dari nusantara maupun mancanegara, politik, ekonomi dan bisnis, olahraga, iptek, otomotif, wawancara, sorot, dan fokus

VIVAbola (bola.viva.co.id), berisi info tentang sepak bola baik dari nusantara maupun mancanegara termasuk komunitas tim favorit, klasemen, live score, statistik pertandingan, foto dan video jalannya pertandingan sepak bola

VIVAlife (life.viva.co.id), berisi info tentang selebriti baik dari nusantara maupun mancanegara, gaya hidup, kesehatan dan seks, perjalanan, dan aneka jajanan dan dampaknya terhadap kesehatan

VIVAlog (log.viva.co.id), berisi traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan kualitasnya

VIVAforum (forum.viva.co.id), merupakan tempat diskusi antar komunitas pengguna tentang berbagai hal

VIVAsocio (socio.viva.co.id), merupakan tempat jejaring sosial pemasangan iklan baris antar komunitas pengguna

Masing-masing portal situs viva.co.id memiliki tampilan warna yang berbeda-beda. Vivanews dominan berwarna merah, vivabola warna hijau, vivalife warna merah muda, vivalog warna ungu muda, vivaforum berwarna biru, vivasocio warna orange. 

Jika menu media televisi (TvOne dan ANTV) terdapat live streaming dari jadwal acara TV masing-masing.

Tampilan yang simple dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti orang awam, membuat pengunjung betah saat membaca atau memindai informasi apapun dalam portal viva.co.id.

Dibandingkan dengan portal berita yang lain, dalam viva.co.id tidak terlalu banyak iklan-iklan yang mengganggu halaman. Semua iklan ditata sesuai dengan letaknya yaitu biasanya dibagian kanan dan bawah halaman portal. Meskipun ada beberapa iklan yang memiliki ukuran lebih besar dari konten, mungkin itu tidak terlepas dari si pengiklan yang membayar untuk tata letaknya.

Viva.co.id sulit diketahui secara pasti angka tiap menitnya dalam pembaharuan beritanya. Biasanya media online membuat berita bersambung, dan masing-masing berita itu dapat berdiri sendiri. Sedangkan pada viva.co.id beritanya langsung secara lengkap (seutuhnya). 

Saran, kenapa hanya satu cabang olahraga yang diinformasikan (sepak bola), padahal cabang-cabang olahraga lainnya perlu mendapat perhatian. Pada vivaforum, kadang terlalu banyak tulisan yang panjang, hal ini bisa membuat pengunjung merasa bosan, ada baiknya dirapikan kembali untuk tampilannya dan ditambahkan gambar atau video. Ada baiknya portal viva.co.id memiliki aplikasi untuk telepon genggam (mobile apps), agar pembaca/pengunjung bisa mengakses web dalam smartphone-nya. (Dita F.A)

Referensi:

Asep Syamsul. M Romli, 2012, Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online, Bandung: Penerbit Nuansa Cendikia Bandung; onlinejournalismblog.com; ojr.og

Jakob Oetama, 2004, Pers Indonesia : Berkomunikasi Dalam Masyarakat Tidak Tulus, Jakarta : Penerbit Buku Kompas.








Related Post



Romeltea mengatakan...

very good...... tapi kenapa font-nya times new roman ya...????

Unknown mengatakan...

sorry pak,
ini sudah saya perbaiki, hehehe :D

Posting Komentar